03 May 2023 - by Super Admin

Menikmati Keindahan Merapi di Girpasang Klaten, Lebaran Tiket Nggak Naik Lho!

News

Klaten - Objek wisata Girpasang, di kawasan puncak Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi yang beberapa tahun terakhir nge-hits di kalangan travelers. Ekowisata di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten tersebut menyuguhkan keindahan alam pegunungan dan keunikan yang jarang dijumpai di lokasi lain, apa saja ?
Girpasang sendiri sebenarnya nama sebuah dusun di Desa Tegalmulyo. Dusun itu sebelum berkembangnya wisata merupakan dusun terpencil karena diisolasi jurang sedalam sekitar 100 meter dari dusun lain.

Namun setelah berkembangnya wisata, dusun itu menjadi ikon utama kawasan. Sejak tahun 2022, untuk sampai ke dusun itu tidak perlu lagi naik turun 1.400 anak tangga menyusuri dasar jurang.

Untuk sampai ke Girpasang, wisatawan bisa melewati jembatan gantung yang dibangun pemerintah pusat. Jika ingin lebih menguras adrenalin, pengunjung bisa menaiki gondola menyeberang jurang sepanjang sekitar 130 meter.

Sesampainya di Dusun Girpasang, pengunjung tidak perlu bingung jika ingin makan atau minum selepas perjalanan. Sebab di dusun yang dihuni 12 kepala keluarga 34 jiwa itu terdapat warung makan dan kedai kopi.

Dengan keramahan khas warga pegunungan, wisatawan bisa memesan kopi asli gunung Merapi seharga Rp 10.000- Rp 15.000 atau aneka minuman lain. Menikmati alam dan sejuknya udara di ketinggian sekitar 1.100 mdpl sambil ngopi, dijamin bisa melepas penatnya rutinitas.

Untuk mengisi perut, camilan godok atau goreng hasil bumi sekitar, seperti talas, singkong, pisang dan lainnya bisa langsung dipesan. Dusun tersebut juga memiliki satu menu khas, yaitu nasi jagung.

Nasi jagung bisa dipesan dengan merogoh kocek Rp 20.000- Rp 25.000 per porsi. Apabila ingin porsi besar untuk makan bersama, bisa juga jauh hari memesan ingkung ayam kampung plus nasi jagung dengan harga Rp 150.000- Rp 200.000, tergantung besar kecilnya ayam.

Bagi pengunjung yang tidak punya cukup nyali mengunjungi Dusun Girpasang, cukup menunggu di dusun seberang. Selepas parkir kendaraan di Dusun Ngringin, wisatawan bisa kongkow di kedai yang tersedia di sekitar pintu utama.

Di titik tersebut, pemandangan pun tidak kalah ciamik. Melihat hijau puncak gunung, menikmati lalu lalang gondola mengantar penumpang atau mengawasi pejalan kaki di jembatan gantung sambil ngopi, makan gorengan dan bebakaran atau ngemie instan.

Bagi yang ingin menginap, beberapa home stay tersedia di sekitar lokasi. Home stay berada di dekat permukiman penduduk.

Rute
Untuk sampai ke ekowisata Girpasang, jarak yang harus ditempuh dari pusat kota Klaten sekitar 33 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan. Dari kota Klaten ke arah Yogyakarta di jalan Jogja-Solo.

Setelah sampai di simpang tiga PG Gondang, ambil ke kanan masuk jalan Gondang - Kemalang menuju Pasar Kembang, Kecamatan Kemalang. Selanjutnya pengunjung bisa belok kanan melewati jalan raya Desa Tangkil- Tlogowatu - Tegalmulyo.

Jalur lain, setelah Pasar Kembang pengunjung bisa lurus ke jalan Pasar Kembang - Deles Indah menuju simpang tiga Kaliwuluh, Desa Sidorejo. Kendaraan ambil kanan menuju Desa Tlogowatu lalu kiri masuk Desa Tegalmulyo dan sampailah di Girpasang.

Harga tiket
Sekretaris Pokdarwis Desa Tegalmulyo, Purnama menjelaskan objek wisata Girpasang, di libur lebaran buka dari pukul 07.00- 17.00 WIB. Sejak hari Jumat, pengunjung mulai ramai.

"Sejak Jumat kemarin mulai ramai dikunjungi. Untuk harga tiket masuk tetap sama, tidak naik masih Rp 5.000 per orang sesuai dengan keputusan Bumdes," jelas Purnama kepada detikJateng, Minggu (23/4/2023) siang.

Dijelaskan Purnama, harga tiket untuk gondola dihitung per paket, pulang- pergi. Harganya Rp 60.000 per paket untuk dewasa dan anak.

"Kita operasikan gondola untuk tiga orang dewasa, ditambah anak kecil maksimal empat anak kecil. Untuk tiket Rp 60.000 paket pulang pergi," imbuh Purnama.

Koordinator Organisasi Pengurangan Risiko Bencana (OPRB) Desa Tegalmulyo, Subur menyatakan untuk keamanan SOP sudah dipersiapkan. Desa berkoordinasi dengan Polres Klaten secara rutin.

"Untuk pengamanan kita bekerjasama dengan Polres Klaten dan Dinas pariwisata. Sesuai SOP menghadapi Gunung Merapi yang statusnya siaga, untuk parkir kita tata sehingga jika terjadi sesuatu kendaraan bisa lancar, juga jalur evakuasi sudah kita siapkan," ungkap Subur kepada detikJateng.

Baca artikel detikjateng, "Menikmati Keindahan Merapi di Girpasang Klaten, Lebaran Tiket Nggak Naik Lho!" selengkapnya https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6686776/menikmati-keindahan-merapi-di-girpasang-klaten-lebaran-tiket-nggak-naik-lho.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Share on:

push('scripts')